EOIP Tunnel di MIkroTik

Posted: July 6, 2009 in MikroTik, Tunneling

Konfigurasi EOIP Tunnel di wireless mikroTik,, ternyata cukup simple. Berikut cara2 yg sdh dicoba…tapi kl gambar2nya gue ambil di wiki aja.. koz males edit di visio gambarnya…yang penting kan hasilnya.. OK ?? lanjut …Step nya kurang lebih seperti dibawah ini :
1. Wireless nya harus konek cuy,, sisi AP mode=ap-bridge, dan sisi client boleh mode=ap-bridge,,tp baiknya mode=station aja.
2. Buat interface eoip tunnel, di kedua sisi, AP dan Client, Ingat cuy,, tunnel ID harus sama dan remote-address adalah ip dari masing-masing (berlawanan)
3. Buat interface bridge,, dan bridging interface eth1 dan eoip,, inget jangan wlan yang dibridge, nanti bisa looping…

Gambarnya seperti dibawah ini..dalam uji coba ip network yang digunakan 192.168.0.x/24 dan 192.168.1.0/24.. Silahkan modif sendiri ip networknya..OK silahkan lihat gambarnya ..Check This Out…

Sisi master …
Kita Create ip address untuk interface wlan dan ethernetnya..

/ ip address add address=192.168.0.1/24 interface=ether1 disabled=no
/ ip address add address=192.168.1.1/24 interface=wlan1 disabled=no

EoIPServer1

Aktifin interface wlannya,, jangan sampe terdisable

Aktifin interface wlannya...

Konfig interface wlannya,, untuk ssid,, karepmu dewe lah ..(terserah)..

Konfigurasi wireless AP

EoIPServer4

05

EoIPServer6

EoIPServer7

Konfigurasi sisi Client
EoIPClient1

EoIPClient2

EoIPClient3

Advertisements
Comments
  1. kok gak ada gambarnya bang ?

  2. Wiwid says:

    Duuh sory sob,, ga sempet euy… kemarin2 jga HDD w crash..hikz….
    tapi moga2 bermanfaat dehh blog gue 😀

  3. bos says:

    bro.. sebenernya konsep Eoip itu gimana sih ? kegunaanya buat apa ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s