QoS Tunneling MikroTik

Posted: July 14, 2009 in MikroTik

Cuy lw pernah ngalamin gini ga,,limitasi tunneling ?? Jadi radio remote selain sebagai wireless link juga sebagai router tunneling, Nah gue coba buat limitasi bandwidth tunneling biar ke limit misalkan saja 256 kbps. Gue limit di interface bridgenya ga kena juga,, interface ethernetnya ga kena juga limit bandwidth. Akhirnya setelah disikusi sama suhu gue,, dalikin.com. Ketemu juga caranya ternyata itu kita harus marking yaitu pake mangle . Masih lanjut ??? . OK Stepnya kurang lebih seperti ini.

1. Marking packet yang lewat dari out-interface,, out interface yang dimaksud adalah interface bridge. Didalam interface bridge itu ada ether1 dan eoip-tunnel.
2. chain yang dipakai adalah output
3. Setelah packet sudah marking, maka selanjutnya buat limitasi bandwidth pada queue simple. Pada queue simple tersebut jangan lupa mark-packets diarahkan mangle packet yang sudah dibuat pada no.1 diatas.

Daripada binun2,, check this out gambar gue dibawah ini

Diagram Network yang gue buat

Buat Mangle Terlebih dahulu
[wiwid@MikroTik-Remote] /ip firewall mangle> add chain=output action=mark-packet new-packet-mark=tunnel-packets passthrough=yes out-interface=bridge-remote

lihat konfigurasi
[wiwid@MikroTik-Remote] /ip firewall mangle> print
Flags: X – disabled, I – invalid, D – dynamic
0 chain=output action=mark-packet new-packet-mark=tunnel-packets passthrough=yes out-interface=bridge-remote

out-interface=bridge-remote

out-interface bridgenya sesuai nama interface bridge yang anda buat…

Comments
  1. dolar says:

    thankz tutor nya gan, ane cubain skrng, masalh nya ane ngak bisa limit bw pptp ane nich,.
    malah kadang di client pake pptp nda bisa browser sama sekali,
    oke ane cuba resep dari agan wi2d

    semoga ilmunya makin banya, dan berkah amien

Leave a Reply

