Setting PPPoE Server MikroTik

Posted: July 22, 2009 in MikroTik

Hari ini ada cerita lucu, temen minta tolong dibantuin setting PPPoE mikroTiknya. Jwban gue sebnernya ragu2, karena lupa2 inget (kaya BAND kuburan aja). Tadinya tuch temen minta sabtu minggu datang ke tempatnya, tapi krn gue kuliah jadinya w belum nyanggupin request temen gue itu. akhirnya coba2 dari kantor gue remote remote mikrotiknya, secara kerjaan lagi ga reseh…(he.he..e) dan ternyata bisa wakakka, dibantuin jg c sama mbah google. Pertama2 qta introducing dulu,, PPPoE apaa sich..kurang lebih PPPoE adalah Point to Point Protocol over Ethernet, ini merupakan salah satu fasilitas dari mikroTik sepetri dial-up pada umumnya, namun lebih cepat dibanding dial-upnya w@@#$S. Dimana user atau client harus membutuhkan autentikasi seperti secret dan user untuk memperoleh koneksi. Untuk setup konfigurasinya kurang lebih seperti dibawah ini.

note :
eth1 : WAN
eth2 : LAN

Garis besarnya sebagai berikut :
1. Buat ip address pada interface LAN, misalkan 192.168.192.1/30
2. Buat ip pool, ip range yang akan diberikan ke user, karena ip lan 192.168.168.1/30, maka range ip pool nya 192.168.192.2-192.168.192.4, misalkan nama ip pool nya pppoe-qu
3. Buat profile baru pada pppoe server, misalkan nama profilenya testing-pppoe
4. Buat username dan password untuk user/client, ketika dial-up nanti akan dikenakan autentikasi. Untuk itu username dan password harus diisi. Kita kasih aja username user password test
5. Buat pppoe server, misalkan kita beri nama pppoe-server-qu
6. Di sisi user/client buat koneksi baru, koneksi dial-up seperti koneksi telkom..

Ok,, lanjut sekarang konfigurasi di mikrotiknya,, jangan buru2 cuy buat kopi dulu…he.h.e.

Point pertama, buat ip addressnya di interface LAN

[wiwid@funny-mikrotik] /ip address> ad address=192.168.192.1/30 interface=ether2

lanjut, buat ip pool, jgn lupa kasih nama biar gampang bacanya

[wiwid@funyy-mikrotik] /ip pool> ad name=dhcp-pppoe ranges=192.168.192.2-192.168.192.4

lihat ip pool yang sudah dibuat
[wiwid@UfoAkses] /ip address> /ip pool print
# NAME RANGES
0 pppoe-qu 192.168.192.2-192.168.192.4

untuk no.3 sebenernya bukan pppoe profile melainkan ppp server ok check this out.

[wiwid@funny-mikrotik] /ppp profile> ad name=ppp-qu local-address=192.168.192.1 remote-address=pppoe-qu dns-server=202.47.78.8,202.47.78.9

untuk dns-servernya tergantung dns dari ISP anda…he.h.e.

Buat username dan password untuk client, misalkan usernamenya wiwid (gue sendiri.h.e.he.) password 123

[wiwid@funny-mikrotik] /ppp secret> ad name=wiwid service=pppoe profile=ppp-qu password=123

[wiwid@funny-mikrotik] /ppp secret> print
Flags: X – disabled

# NAME SERVICE CALLER-ID PASSWORD PROFILE REMOTE-ADDRESS
0 wiwid pppoe 123 ppp-qu

Nama profiile ppp-qu adalah sesuai dengan nama profile yang sudah dibuat sebelumnya

Sekarang buat pppoe servernya,, kurang lebih seperti ini

[wiwid@funny-mikrotik] /interface pppoe-server server> ad service-name=”pppoe-server-qu” interface=ether2 default-profile=ppp-qu disabled=no

Kita lihat hasilnya…

[wiwid@funny-mikrotik] /interface pppoe-server server> print
Flags: X – disabled
0 service-name=”pppoe-server-qu” interface=ether2 max-mtu=1480 max-mru=1480 mrru=disabled authentication=pap,chap,mschap1,mschap2 keepalive-timeout=10
one-session-per-host=no max-sessions=0 default-profile=ppp-qu

Dan yang terakhir silahkan berkunjung ke masing-masing user/client,, untuk pandu buat connection dial-up nya.. sory bro w belum bisa capture screen shot kl buat connection baru. Tapi cukup mudah ko,, lain kale w capture….

Advertisements
Comments
  1. Myu says:

    Wah, mantap bro..
    Secara ini sangat bermanfaat bgt. Apalagi bg -ana- yg awam..

    Smg ttp istiqomah dlm mencerdaskan ummat.. ^_^

    Keep spirit..!

  2. Wiwid says:

    wa’alaikumsalam biasaja bro,,, cuma iseng2 aja,, bisnya ga ada diary buat nulis kaya gini…he.he.he. ane masih pemula

  3. toni says:

    terus ngedialnya pake apa???

    windows bisa g??? trus caranya gimana??? tolong jwbanya dikirm di email saya …makasih…

  4. Mas Wanto says:

    Assalamu’alaikum,
    Sukron bro, bermanfaat buat ana. ana skrg lagi create PPPoe nih.

  5. luthfi says:

    mantap mas bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s