Konfigurasi RSTP Switch D-Link DES 3528

Posted: August 14, 2009 in Networking

Ehmm,, kayanya gue kesemsem nich sama switch..wakakkak..keren banget.. Switch D-Link khususnya series 3500 mempunyai fitur
STP, RSTP, MSTP. bingung ??? santai bro.. intinya protocol tersebut digunakan untuk redundant link atau untuk cegah looping,

Ok dilanjutkan lagi,, diagram simulasi yang kemarin gue kerjain kurang lebih seperti ini. Intinya sepertinya redundant link, bukan group channel.
Karena pas gue test bandwidth, ternyata bandwidthnya ga gabung.
Mungkin seperti group channel bisa,, cuma gue belum ketemu confignya.
diagram RSTP Cuy,,,

Jadi pengetesan yg gue lakuin, ping ke ip mikrotik. Ketika main link gue putusin, secara otomatis pindah ke backup link, tidak ada RTO CUY.. mantabs…tapi ketika main link gue aktifin sepertinya ada RTO sampai 6 baris..

Berikut config switch backup link, port 15 dan port 16 externalcostnya dibuat lebih tinggi karena sebagai link backup. Berikut stepnya

enable stp
config stp version rstp
config stp ports 15-16 externalCost 10 edge true state enable

Untuk configurasi main link nya hampir sama, hanya saja externalcost dibuat 5 nilainya. seperti gambar aja..

he.h.e.

Comments
  1. Hendra says:

    kalo catalyst gimana?

Leave a Reply

