Fail Over Layer 2 (Bridging)

Posted: February 1, 2011 in MikroTik

Emang dg mikrotik segalanya lebih mudah.. ha.ha.ha.promosi. Jadi ane ada kasus gan,,Pelanggan ane ada yang minta fail over VPN untuk ketiga kantornya. Ehm,, bagaimana ya..kl routing ga mungkin. Karena jaringan LAN dia semuanya satu network, apalagi dia ga mw rubah konfigurasi network LANnya. Akhirnya salah satu solusinya pake Fail Over Bridging ini. GA LOOPING BRO !!! Weks.. tenang aja kan ada RSTP

Kluenya, hanya maenkan priority dan path-cost. OK, langkah-langkahnya seperti itu.
1. Pada interface bridge, aktifkan protocol-mode = RSTP

Network Diagramnya kurang lebih seperti ini

Learning By Doing


Stepnya kurang lebih spt ini :
1. Aktifkan protocol-mode interface bridge menjadi RSTP
2. Set priority dan path-cost , sesuai kebutuhan

Berikut Konfigurasinya
Router Head Office

/interface bridge
add name=bridge1 priority=0x8000 protocol-mode=rstp transmit-hold-count=6

/interface eoip
add name=eoip-tunnel1 remote-address=172.172.100.150 tunnel-id=100
add name=eoip-tunnel2 remote-address=172.172.100.200 tunnel-id=200

/interface bridge port
add bridge=bridge1 interface=eoip-tunnel1 path-cost=10 priority=0x80
add bridge=bridge1 interface=eoip-tunnel2 path-cost=10 priority=0x80

Router Office-A

/interface bridge
add name=bridge1 priority=0x8000 protocol-mode=rstp transmit-hold-count=6

/interface eoip
add name=eoip-tunnel1 remote-address=172.172.100.100 tunnel-id=100
add name=eoip-tunnel2 remote-address=172.172.100.200 tunnel-id=500

/interface bridge port
add bridge=bridge1 interface=eoip-tunnel1 path-cost=10 priority=0x90
add bridge=bridge1 interface=eoip-tunnel2 path-cost=10 priority=0x80
add bridge=bridge1 interface=ether2 path-cost=30 priority=0x60

Router Office-B

/interface bridge
add name=bridge1 priority=0x8000 protocol-mode=rstp transmit-hold-count=6

/interface eoip
add name=eoip-tunnel1 remote-address=172.172.100.100 tunnel-id=200
add name=eoip-tunnel2 remote-address=172.172.100.150 tunnel-id=500

/interface bridge port
add bridge=bridge1 interface=eoip-tunnel1 path-cost=10 priority=0x90
add bridge=bridge1 interface=eoip-tunnel2 path-cost=10 priority=0x80
add bridge=bridge1 interface=ether2 path-cost=30 priority=0x60

Flowchart.
1. Jika dari Router Head Office, akses Router Office-A. Dan ternyata link Cloud Router Office-A terputus.
Maka otomatis, rute link menjadi. Router Head Office – Router Office-B – Router Office-A
2. Sebaliknya, jika dari Router Head Office, akses Router Office-B. Dan ternyata link Cloud Router Office-B terputus.
Maka otomatis, rute link menjadi. Router Head Office – Router Office-A – Router Office-B

Thx
Wiwid

Advertisements
Comments
  1. anto says:

    klo link cloud router head office yg putus gmn Mas..? 🙂 Btw, thanks sharingnya..

    • Wiwid says:

      salam kenal mas anto,

      klo link nya cuma 1 aja, ya kemungkinan besar putus juga mas..:D..
      kecuali ada alternatif link lain.. hehehehe

      salam newbie

      • anto says:

        Mas Wi2d, apakah kalau pakai EoIP kita tidak perlu menambah IPSec untuk enkripsi datanya..? Trus kalao interface bridge portnya di print, apakah tunnel ke link backup dalam keadaan disable atau not running statusnya..? Maaf, belum aku lab-in soalnya, hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s